Laman

Senin, 09 April 2012

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer yang seringan disebut jaringan, adalah sekumpulan komponen hardware dan komputer yang saling berhubungan satu sama yang lain yang memungkinkan untuk bertukar informasi.
Jaringan dapat diklasifikasikan menurut berbagai karakteristik seperti media yang digunakan untuk transportasi data, komunikasi protokol yang digunakan, skala, topologi, dan ruang lingkup organisasi.
Berdasarkan luas area, dapat dibedakan menjadi
  1. PAN (Personal Area Network)
  2. LAN (LocalA rea Network)
  3. NAN (Near-me Area Network)
  4. CAN (Campus Network)
  5. Backbone Network
  6. MAN (Metropolitan Area Network)
  7. WAN (Wide Area Network)
  8. Internet
  9. Interplanetary Internet
Berdasarkan media penghantar, dapat dikelompokkan menjadi :
  • Wire Network 
Wire Network merupakan jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar yang terbuat dari tembaga dan serat optic.
Urutan teknologi kabel berikut dari yang paling lambat untuk kecepatan transmisi hingga tercepat.
  1. Twisted Pair 
  2. Coaxial Cable 
  3. Serat Optic
  • Wireless Network
Wireless Network merupakan jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio atau cahaya. Saat ini sudah banyak fasilitas umum yang menyediakan layanan ini, sehingga memudahkan melakukan akses internet menggunakan perangkat, seperti handphone,laptop,PDA,dan pernagkat mobile lainnya. Frequenzy gelombang radio yang digunakan biasanya antara 2,4 GHz - 5,8 GHz. Untuk cahaya umumnya hanya untuk kalangan terbatas dan hanya melibatkan 2 titik saja (point to point)

Berdasarkan pola pengoperasian, dapat dikelompokkan menjadi :
Peer to peer merupakan jenis jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Kekurangan dari jenis ini adalah masalah pada manajemen dan security, dimana cukup sulit untuk mengawasi jika jaringan komputer sudah terlalu banyak.
Client server merupakan jenis komputer yang salah satunya difungsikan sebagai server untuk melayani komputer lain (Client).

Demikian Tulisan ini dibuat semoga dapat membantu pembaca untuk memahami tentang jaringan komputer. Jika ada kekurangan maupun kesalahan, mohon untuk dapat dibantu dikoreksi melalui kolom komentar.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar